Monday 13 June 2016

Hipnoterapi Untuk Bisa Move On





Masalah cinta adalah kisah lama sejak jaman dahulu kala. Putus cinta, patah hati karena cinta, dikhianati sang kekasih, seolah menjadi cerita yang tiada henti, sehingga ada ungkapan yang mengatakan bahwa cerita cinta itu deritanya tiada akhir.

Tetapi tentunya bukan berarti cinta itu identik dengan penderitaan, karena bukan cintanya yang bermasalah melainkan sudut pandang kita tentang makna dari cinta itu sendiri, tentang bagaimana kita memaknai problema yang terjadi dalam perjalanan cinta.

Salah satu kasus yang paling sering ditemui adalah sulitnya melupakan mantan, tidak bisa move on, tetap mencintainya selamanya, sehingga ada orang yang berharap untuk dilumpuhkan saja ingatannya agar tidak ingat lagi dengan masa-masa bersama sang mantan.

Tidak jarang ada orang mendatangi terapis minta agar sang terapis menghapus sang mantan dari pikirannya. Namun apakah benar hipnoterapi bisa digunakan untuk melupakan mantan?


Sayang sekali jawabannya tidak. Bukan seperti itu cara kerja hipnoterapi. Karena yang dilakukan dalam hipnoterapi bukanlah menghapus ingatan atau kenangan, melainkan mengubah sudut pandang kita terhadap kejadian yang membuat trauma tersebut, terhadap orang yang pernah menyakiti atau mengkhianati kita tersebut.

Karena meskipun sebuah peristiwa telah dilupakan, bukan berarti memori tentang peristiwa tersebut hilang sama sekali dari pikiran kita, karena sebenarnya memori-memori tersebut tetap tersimpan dan dapat diakses kembali. Contoh yang paling mudah adalah, misalnya ketika Anda berusaha keras melupakan sang mantan, kemudian setelah bertahun-tahun berlalu Anda bertemu dengan orang baru lalu menjalin hubungan baru bersamanya. Indahnya kisah cinta Anda membuat Anda seolah lupa pada mantan Anda dan pengkhianatan yang dilakukannya.

Tetapi ketika Anda berdua berkunjung ke suatu tempat, ternyata pikiran Anda mendadak melayang ke masa lalu karena teringat di tempat tersebut Anda dan mantan Anda pernah melewatkan satu masa yang indah. Anda tidak pernah merencanakan untuk mengingatnya tetapi tiba-tiba saja Anda teringat padanya, bahkan teringat detail peristiwa yang Anda dan mantan Anda pernah lewati bersama di tempat itu.

Setiap sel kita memiliki memori, sehingga bisa dikatakan bahwa sebenarnya kita tidak pernah bisa benar-benar melupakan segala peristiwa dalam hidup kita, karena semuanya tersimpan di bawah sadar Anda. Bahkan kenangan akan peristiwa di masa kecil saat Anda masih balita pun masih memungkinkan untuk diakses kembali.

Jadi jika Anda bertanya : Bisakah hipnoterapi digunakan untuk melupakan mantan?

Maka jawabannya adalah tidak bisa, karena hipnoterapi bukanlah untuk menghilangkan ingatan dan juga bukan untuk melupakan suatu kenangan, manfaat hipnoterapi dalam hal ini adalah untuk melakukan reframing (pembingkaian ulang) sudut pandang Anda terhadap peristiwa yang sudah berlalu melalui cara pandang yang lebih memberdayakan, sehingga walaupun Anda teringat kembali akan peristiwa menyakitkan di masa lalu, maka Anda tidak akan menanggapinya dengan kesedihan, tetapi Anda bahkan bisa tersenyum mengenangnya sebagai pelajaran berharga untuk kebaikan Anda di masa mendatang.

Dan lebih penting lagi, tidak ada seorangpun yang tidak bisa move on, karena yang benar bukanlah tidak bisa move on, melainkan TIDAK MAU move on.

Jadi jika Anda sudah bertekad mau melepaskan masa lalu bersama sang mantan tetapi masih mengalami kesulitan, maka hipnoterapi dapat digunakan untuk membantu Anda mengubah sudut pandang Anda terhadap sang mantan dan berbagai kenangan yang pernah dilalui bersamanya.



SEMOGA BERMANFAAT

2 comments:

  1. The subsequent seems including it goes without saying excellent. Almost all these trivial details are meant by employing volume of footing understanding. I love to these individuals drastically. hipnoterapi anak

    ReplyDelete
  2. I really like your personal submit. It is excellent to find out an individual clarify within phrases within the middle in addition to lucidity relating to this important subject might be effortlessly observed. hipnoterapi jogja

    ReplyDelete